Algoritma pembentukan garis DDA :
1. Tentukan dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
2. Tentukan salah satu titik sebagai awal(x0,y0) dan titik akhir(x1,y1).
3. Hitung dx=x1¬x0, dan dy= y1¬y0.
4. Tentukan langkah, yaitu dengan cara jarak maksimum jumlah penambahan nilai x maupun nilai y, dengan caara :
Bila nilai absolut dari dx lebih besar dari absolut dy, maka langkah= absolut dari dx.
Bila tidak maka langkah= absolut dari dy
5. Hitung penambahan koordinat pixel yaitu x_increment=dx/langkah, dan y_increment=dy/langkah.
6. Koordinat selanjutnya (x+x_increment, y+y_increment).
7. Posisi pixel pada layar ditentukan dengan pembulatan nilai koordinat tersebut.
8. Ulangi nomor 6 dan 7 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya,sampai x= x1 dan y= y1
Contoh Source Code nya :
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package hergan;
import java.awt.Graphics;
/**
*
* @author JC
*/
public class Garis {
public void Garisku (Graphics g, int x0, int y0, int x1, int y1){
int dx,dy,steps;
int x_tambah,y_tambah,x,y;
dx= x1-x0;
dy= y1-y0;
if (Math.abs(dx) > Math.abs(dy)){
steps = Math.abs(dx);
}
else{
steps = Math.abs(dy);
}
x_tambah = dx / steps;
y_tambah = dy / steps;
x=x0;
y=y0;
g.fillRect(x, y, 1, 1);
for (int k=10; k< steps ;k++){
x += x_tambah;
y += y_tambah;
g.fillRect(x, y, 1, 1);
}
}
}
Contoh Source Code untuk memanggil Class Garis yang bagian pertama yang sudah kita buat
Source Code nya :
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package hergan;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
/**
*
* @author JC
*/
public class PanggilGarisHerganDDA extends JPanel{
@Override
public void paintComponent(Graphics g){
Garis baru = new Garis();
g.setColor(Color.BLACK);
baru.Garisku(g, 100, 200, 300, 200);
baru.Garisku(g, 100, 150, 300, 150);
}
public static void main(String[] args) {
Garis baru = new Garis();
JFrame frame = new JFrame("Gambar Garis Hergan");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
frame.add(new PanggilGarisHerganDDA());
frame.setSize(600, 600);
frame.setLocationRelativeTo(null);
frame.setVisible(true);
}
}
Hasilnya Sebagai Berikut :
ALGORITMA PEMBENTUKAN GARIS DDA
Jumat, 01 November 2013
Label:
Hergan Devil,
Stikom Artha Buana kupang
Diposting oleh
Hergan Devil
di
15.20
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
Good job, and be continued
Posting Komentar