ALGORITMA PEMBENTUKAN GARIS DDA

Jumat, 01 November 2013

Algoritma pembentukan garis DDA :

1. Tentukan dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
2. Tentukan salah satu titik sebagai awal(x0,y0) dan titik akhir(x1,y1).
3. Hitung dx=x1¬x0, dan dy= y1¬y0.
4. Tentukan langkah, yaitu dengan cara jarak maksimum jumlah penambahan nilai x maupun nilai y, dengan caara :
Bila nilai absolut dari dx lebih besar dari absolut dy, maka langkah= absolut dari dx.
Bila tidak maka langkah= absolut dari dy
5. Hitung penambahan koordinat pixel yaitu x_increment=dx/langkah, dan y_increment=dy/langkah.
6. Koordinat selanjutnya (x+x_increment, y+y_increment).
7. Posisi pixel pada layar ditentukan dengan pembulatan nilai koordinat tersebut.
8. Ulangi nomor 6 dan 7 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya,sampai x= x1 dan y= y1

Contoh Source Code nya :

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package hergan;

import java.awt.Graphics;

/**
 *
 * @author JC
 */
public class Garis {
  
    public void Garisku (Graphics g, int x0, int y0, int x1, int y1){
        int dx,dy,steps;
        int x_tambah,y_tambah,x,y;
                            
  dx= x1-x0;
  dy= y1-y0;     
               
  if (Math.abs(dx) > Math.abs(dy)){
   steps = Math.abs(dx);
  }
  else{
   steps = Math.abs(dy);
  }
  x_tambah = dx / steps;
  y_tambah = dy / steps;
                x=x0;
                y=y0;
                       
                g.fillRect(x, y, 1, 1);
  for (int k=10; k< steps ;k++){
   x += x_tambah;
   y += y_tambah;
  
                        g.fillRect(x, y, 1, 1);
  }             
       
    }
   
}


Contoh Source Code untuk memanggil Class Garis yang bagian pertama yang sudah kita buat
Source Code nya :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package hergan;

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;

/**
 *
 * @author JC
 */
public class PanggilGarisHerganDDA extends JPanel{
    @Override
    public void paintComponent(Graphics g){
       
        Garis baru = new Garis();
        g.setColor(Color.BLACK);
        baru.Garisku(g, 100, 200, 300, 200);
        baru.Garisku(g, 100, 150, 300, 150);
            }
   
    public static void main(String[] args) {
        Garis baru = new Garis();
        JFrame frame = new JFrame("Gambar Garis Hergan");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        frame.add(new PanggilGarisHerganDDA());
        frame.setSize(600, 600);
        frame.setLocationRelativeTo(null);
        frame.setVisible(true);
              
    }
}

                                                             Hasilnya Sebagai Berikut :




1 komentar:

Haidaroh mengatakan...

Good job, and be continued