NAMA : Herdiyanto P.S Gaddy
KELAS : B
NIM :11110076
Tugas E-Commerce
1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management.
2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan.
3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!
4. Jelaskan lebih lengkap dengan kata-kata Anda sendiri tentang Karakteristik e-commerce:
• B2B
• B2C
• C2C
Jawab :
1) karna dapat membrikan kemudahan dalam membantu perusahaan dalam melakukan perencanaan, mengorganisasikan, menjalankan, sera melakukan pengontrolan terhadap rantai pasokan .Dengan ini e-commerce bisa melakukan penghematan baik waktu dan biaya yang akan dihabiskan dalam hal rantai pasokan
2) e-Commerce dapat mengurangi siklus waktu karena beberapa tahapan yang ada di dalam supply chain management seperti wholesaler dan retailer dapat dihilangkan. Hal ini tentunya akan mengurangi siklus waktu yang diperlukan untuk melakukan suatu transaksi. E-commerce dapat mengurangi siklus waktu dengan memangkas supply chain, selain itu ia juga dapat memangkas siklus waktu karena penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung dan transaksi dapat dilakukan saat itu juga walaupun di belahan dunia lain tempat si pembeli atau penjual menunjukkan waktu yang berbeda.
3) Marketplaces
Marketplace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, secara nyata. Nyata di sini maksudnya adalah tempat atau pasar itu benar-benar ada, dapat dilihat dan dirasakan keberadaannya secara fisik.
Kelebihan:
- Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
- Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
- Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
-Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kelemahan:
- Memakan banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
- Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
Marketspace
Marketspace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, melalui media elektronik. Media elektronik yang dipakai adalah komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Dengan demikian pasar dalam arti ini adalah pasar maya, yaitu pasar yang dirasakan ada keberadaannya tetapi tidak dapat dilihat secara kasat mata.
Kelebihan:
- Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
- Informasi tentang produk atau jasa yang diingkan tersedia dengan lengkap
- Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.
Kelemahan:
- Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
- Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
- harus ada tingkat kepercayaan yang tinggi
- pembeli tidak bisa mengetahui secara langsung produk yang diinginkan
4) Business To Business (B2B)
=Pengertian B2B
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar
pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik
antar perusahaan yang dilakukan secara rutin
dan dalam kapasitas produk yang besar.
=Karakteristik
a.Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
b.Pertukaran Informasi yang dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
c.Salah satu pelaku bisnis tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya.
d.Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange )
e.Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer,dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya.
Business To Consumer (B2C)
=Pengertian B2C
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu
=Karakteristik
1.Informasi disebarkan secar umum.
2.Pelayanan yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang.
3.Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan.Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.
4.Pendekatan yang dilakukan adalah Client Server, dimana Konsumen berada pada sisi Client, dengan menggunakan Web Broses untuk mengaksesnya, dan Pelaku Usaha berada pada sisi Server.
Consumers To Consumers (C2C)
=Pengertian C2C
Merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
=Karakteristik C2C
a.Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat
khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
b.Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan pelayanannya.
c.Konsumen juga membentuk komunitas pengguna
atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada
ketidak puasan suatu produk, maka akan segera
tersebar luas melalui komunitas tersebut.
Tugas E-Commerce
Kamis, 21 Maret 2013
Label:
Hergan Devil,
Stikom Artha Buana
Diposting oleh
Hergan Devil
di
03.38
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
Good..
mkasi bnyak pak
Posting Komentar