Tugas 1 Grafika Komputer

Sabtu, 14 September 2013

                                                        Nama : Herdiyanto P.S Gaddy
                                                        Kelas : B
                                                       Tugas : Grafika Komputer

SOAL :
1.Ceritakan mengapa perlu belajar grafik
2. Berikan contoh grafik computer
3. Apa saja parameter untuk menentukan kualitas grafik.Berikan contoh
4. Grafik digunakan pada bidang apa saja,berikan contoh nya

JAWAB :
1. Menurut saya karena Ilmu grafik komputer merupakan salah satu cabang disiplin ilmu informatika atau ilmu komputer yang membuat data atau pun informasi dalam bidang pembuatan gambar, grafik, diagram,fisik, matematik, artistik bahkan struktur abstrak dan hal-hal sejenis lainnya dengan menggunakan komputer
2. 
•    Desain
Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain. Pada beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk wireframe, dimana diperlihatkan keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan wireframe bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut..

•    Grafik Presentasi
Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi. Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lain-lain. Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain.

•    Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.

•    Film
Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film animasi.

3.
 parameter itu suatu nilai atau kondisi yang dijadikan sebagai tolak ukur terhadap nilai atau kondisi yang lainnya. parameter ini dianggap sebagai nilai atau kondisi yang diharapkan.
resolusi , kontras resolusi, noise, distorsi, dan artefak (Sprawls, 1955).

4.
•    Bidang Seni.
Dalam bidang seni misalnya pembuatan sebuah film dan aplikasi pengeditan foto. Contohnya : Corel Draw, Photoshop, Photoscape, dll.

•    Bidang Pendidikan.
Dalam bidang pendidikan misalnya pembuatan bahan untuk presentasi untuk mengajar dengan menggunakan powerpoint. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.



 •    Bidang Hiburan.
Dalam bidang hiburan yaitu grafis animasi yang ada pada sebuah games. Contoh lainnya pada semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

•    Bidang Perancangan.
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti autocad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

•    Bidang Kesehatan
Di jaman komputerisasi seperti saat ini, penggunaan computer tidak melulu berhubungan dengan pengolahan data konvensional ataupun berupa angka angka saja, dalam bidang kesehatan banyak sekali di gunakan system komputerisasi yang menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra, misalnya pada mesin USG. Contoh lainnya adalah penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit.


Penginderaan Jarak Jauh / Inderaja (Remote Sensing)


•    Bidang Industri.


Bahasa Isyarat


Gambar diatas merupakan bahasa isyarat bibir. Bahasa isyarat lain menggunakan bahasa tangan dan ada juga yang disebut sebagai ‘body language’.
Pengenalan Karakter.


•    Bidang Pertanian.
Teknik pengolahan citra telah banyak dipergunakan dalam bidang pertanian antara lain untuk penentuan jenis cacat biji kopi, pemutuan edamame, pemeriksaan mutu karet RSS, pemutuan buah mangga, identifikasi tingkat ketuaan dan kematangan jeruk lemon dan manggis.

•    Bidang Perdagangan.
Pembacaan kode batang (barcode) yang tertera pada barang (umum digunakan di pasar swalayan/supermarket).

•    Bidang Militer.
Pemanfaatan grafik komputer dalam bidang militer adalah mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual.




0 komentar: