Model-model Bisnis dalam E-Commerce

Rabu, 01 Mei 2013

                                                Nama : Herdiyanto P.S Gaddy
                                                Kelas : B
                                                Nim   : 11110076

                                                     Model-model Bisnis dalam E-Commerce
A.Brokerage, yaitu menawarkan jasa perantara dalam menghubungkan calon pembeli (customer) dengan pedagang (merchants).
•    Membawa pembeli dan penjual pada satu tempat yang sama dan menjadi fasilitator transaksi.
•    Model penghasilannya terutama dari biaya persen per transaksi yang terjadi.
B. Merchant
•    Model bisnis ini merupakan bentuk elektronis dari penjualan barang secara grosir maupun eceran (retail).
•    Penjualan bisa melalui harga yang ada maupun melalui lelang
C.  Community
•    Berbasiskan pada kepuasan pengunjung situs, pada beberapa kasus pengunjung merupakan penyumbang isi dan pendapatan dari situs web tersebut.
D.   Advertising
•    Merupakan pengembangan dari model broadcasting (penyiaran) tradisional.
•    Dalam hal ini yang menjadi broadcaster (penyiar) adalah situs web yang menyediakan content (isi) dan services (layanan) dikombinasikan dengan advertising message (iklan) yang terletak di banner.
•    Model penghasilannya terutama dari biaya pemasangan banner.
•    Model ini hanya bisa berjalan apabila traffic dari situs web broadcaster (penyiar) cukup besar / sering dikunjungi.
E.  Manufacturer
•    Perusahaan brick and mortar, yang sudah mempunyai basis industri sendiri, membuat web untuk beberapa tujuan :
o    Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai.
Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelangan secara langsung
F. Subscription
•    Pengunjung membayarkan sejumlah uang pada saat akan mengakses situs tersebut. Isi dari situs tersebut merupakan informasi yang bernilai tinggi.
•    Pengunjung dikenakan biaya berdasarkan dengan banyaknya fasilitas yang diakses pada situs web tersebut. Umumnya situs web untuk payment gateway untuk kartu kredit.
G. Infomediary
•    Data mengenai pembeli dan kebiasaan membeli mereka sangat penting, data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan analisis.
              Hasil analisis tersebut dijual ke pihak ketiga yang memerlukan
H.   Affiliate
•    Model bisnis yang memungkin afiliasi antar situs web eCommerce untuk melakukan promosi / penjualan di Internet





0 komentar: